Pengertian PHP Singkat

Pengertian PHP Singkat - PHP atau Hypertext Preprocessor adalah bahasa pemrograman server side yang sudah banyak digunakan pada saat ini, terutama untuk pembuatan website dinamis. Untuk hal-hal tertentu dalam pembuatan web, bahasa pemrograman PHP memang diperlukan, misalnya saja untuk memproses data yang dikirimkan oleh pengunjung web.

Pengertian PHP
PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP bernama FI (Form Interpreted). Pada saat tersebut PHP adalah sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.
Web Server yang mendukung php dapat ditemukan dimana – mana dari mulai IIS sampai dengan apache, dengan configurasi yang relatif mudah. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan. Dalam sisi pemahamanan, php adalah bahasa scripting yang paling mudah karena referensi yang banyak.
PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (linux, unix, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.
Bahasa Pemrogramman PHP memiliki file extensi  *.php dan tidak bisa di access secara langsung tanpa adanya sebuah web server. Syntax-Syntax PHP diawali dan di akhiri dengan <?php…..?> atau <?…?>. Syntax PHP juga dapat di sisipkan pada tag-tag html. File PHP yang ditaruh pada file yang ber extensi *.html tidak akan di eksekusi alias tidak bisa di access.

     Pembuatan variable pada PHP diawali dengan symbol $ (dolar), juka symbol tersebut tidak ada maka variabel tersebut tidak akan dapat di eksekusi atau biasanya error. Misal contohnya: $nama != nama variable $nama pasti akan di kenali oleh program, namun sebaliknya variable nama tidak akan di eksekusi oleh program karena tidak di kenali, dan tidak andanya symbol $ (dolar).PHP juga membunyai banyak tipe data antara lain Integer, String, Float, Double dan tipe data yang lainnya. PHP juga memiliki statement atau juga disebut baris perintah kurang lebihnya yaitu suatu syntax yang terdiri dari satu line yang di akhiri dengan ;(titik koma). Jika tidak diakhiri dengan ; (titik koma) maka akan terjadi error pada statement tersebut. Jika anda mempunyai sebuah variable yang digunakan untuk menampung value yang bertipe String maka anda jangan lupa untuk memberi ” ” (petik dua 2x). Namun jika tidak bertipe String maka tidak perlu diberti ” ” (petik dua 2x).

Berikut ini adalah contoh penulisan syntax PHP:
<?php
$nama = “Muhammad”;
echo”Hallo Nama Saya ” +  $nama;
?>
atau 
<?

$nama = “Muhammad”;
echo”Hallo Nama Saya ” +  $nama;

?>
Output Pada Web Browser akan tampil seperti ini:

Hallo Nama Saya Muhammad

Mungkin bagi anda yang baru mengenal PHP anda mungkin agak bingung. Tapi sebenarnya PHP itu sangat lah mudah atau bisa di sebut User Frieandly, Asalkan kita mau berusaha keras. Demikian artikel tentang Pengertian PHP dari batempo, semoga bermanfaat!

Jangan lupa baca Artikel Lainya dan sharenya!

Comments

  1. I Putu Sumahendra says:

    Ternyata saya baru tahu bahwa PHP itu sudah ada sejak tahun 1995…
    saya kira PHP itu baru – baru saja ada…
    terima kasih atas Infonya…

Speak Your Mind

*


1 × = 7